Membangun Opini Publik melalui Media Society
- Strategi Membangun Opini
- Menyangkut kepentingan khalayak.
- Menggunakan jargon, simbol yang menarik perhatian.
- Memperhatikan yang sedang berkembang di masyarakat tentang sosial, ekonomi, dan politik.
- Media Society
Merupakan kelompok masyarakat yang peduli terhadap media massa dan dinamika media sosial. Media sosial adalah media baru yang mempunyai fleksibilitas dalam penyebaran informasi.
Menurut pemahaman saya tentang
membangun opini publik melalui media society karena adanya kemajuan teknologi
sehingga media sosial menjadi andalan komunikasi yang efisien dan progresif
yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang untuk membangun opini yang menyangkut
kepentingan umum atau persoalan-persoalan sosial. Dalam membangun opini publik
melalui media sosial akan berhasil jika sasaran dan topiknya tepat.
Seperti misalnya berita tentang proses menuju pemilihan umum. Media masa, baik
media sosial maupun media pers/ jurnalisme cetak serta elektronik gencar
memberitakan pasangan-pasangan yang maju menjadi kandidat. Para kandidat juga
mulai saling membangun opini dengan keunggulanya melalui media sosial.
Sehingga muncul pendapat, pandangan dan sikap pro dan kontra masyarakat terkait
kandidat tersebut.
Komentar
Posting Komentar