Membangun Opini Publik melalui Media Society


- Strategi Membangun Opini

-          Menyangkut kepentingan khalayak.

-          Menggunakan jargon, simbol yang menarik perhatian.

-          Memperhatikan yang sedang berkembang di masyarakat tentang sosial, ekonomi, dan politik.

- Media Society

Merupakan kelompok masyarakat yang peduli terhadap media massa dan dinamika media sosial. Media sosial adalah media baru yang mempunyai fleksibilitas dalam penyebaran informasi.

Menurut pemahaman saya tentang membangun opini publik melalui media society karena adanya kemajuan teknologi sehingga media sosial menjadi andalan komunikasi yang efisien dan progresif yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang untuk membangun opini yang menyangkut kepentingan umum atau persoalan-persoalan sosial. Dalam membangun opini publik melalui media sosial akan berhasil jika sasaran dan topiknya tepat.

Seperti misalnya berita tentang proses menuju pemilihan umum. Media masa, baik media sosial maupun media pers/ jurnalisme cetak serta elektronik gencar memberitakan pasangan-pasangan yang maju menjadi kandidat. Para kandidat juga mulai saling membangun opini dengan keunggulanya melalui media sosial. Sehingga muncul pendapat, pandangan dan sikap pro dan kontra masyarakat terkait kandidat tersebut.


Komentar

Postingan Populer