APA ITU KAMPANYE DAN PROPAGANDA ?
Hallo temen-temen apa kabarnya nih? Semoga kabar baik yaa... Kembali lagi nih sama saya dengan pembahasan yang berbeda nih. Untuk kali ini saya akan bahas tentang Perencanaan Kampanye Komunikasi. Sebelum mempelajari lebih lanjut, kamu tau gak sih apa itu kampanye?
Kampanye sendiri menurut Roger dan Storey (1987) adalah Serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu kepada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Kampanye pada hakikatnya merupakan tindakan komunikasi yang terencana dan diarahkan pada tujuan tertentu. Oleh karena itu kampanye membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi suatu program kegiatan secara rasional, realistis, efisien serta efektif.
Lalu apa persamaannya dengan propaganda?
• Tindakan komunikasi yang terencana
• Ditunjukkan untuk mempengaruhi khalayak
• “mencegat” khalayak hampir disemua sudut dengan
menggunakan saluran komunikasi yang ada
• Menyajikan gagasan dan pesan dengan penuh keyakinan
tanpa keraguan sedikitpun
Tujuan kampanye sendiri adalah untuk melakukan
perubahaan dan menurut Pfau dan Parrot (1993) upaya yang dilakukan selalu berkaitan
dengan aspek pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan perilaku (behavioural)
Charless U. Larson (1992), membagi jenis kampanye menjadi :
- Product Oriented Campaigns, kampanye ini berorientasi produk, umumnya terjadi di lingkungan bisnis. Contoh : Kampanye peluncuran Meikarta, kampanye produk minuman pocari sweat, kampanye telkomsel.
- Candidate Oriented Campaigns, kampanye berorientasi kandidat, yang umumpunya dimotivasi oleh hasrat untuk memperoleh kekuasaan politik. Contoh : Kampanye pilkada, pembentukan provinsi baru, kuota 30% bagi wanita di DPR.
- Ideologicall or Cause Oriented Campaigns, Kampanye yang berorientasi pada tujuan – tujuan yang bersifat khusus dan umumnya berdimensi perubahan sosial. Contoh bidang kesehatan : AIDS, ASI,KB, Donor darah. Bidang lingkungan : air bersih. Pendidikan : minat baca.
Komentar
Posting Komentar