Persiapan Anggaran dan Pelaksanaan Kampanye
Hallo teman-teman apa kabar? Semoga sehat selalu yaa... kembali sama saya dengan pembahasan yang berbeda. Untuk blog kali ini saya akan membahas tentang Persiapan Anggaran dan Pelaksanaan Kampanye. Yuk ikutin terus..
A. Peran Penting Perencanaan Anggaran
- Menganalisis alternative yang mungkin dilakukan dengan jumlah dana yang ada
- Membandingkan dengan kampanye lain yang memiliki sumber daya yang sama
- Mengukur produktifitas kerja dengan mengaitkan biaya dan hasil yang diperoleh
- Membuat dana selalu terkontrol dalam administrasi yang jelas
- Mengukur keefektifan biaya berkaitan pencapaian tujuan kampanye
B. Menyusun Anggaran Dana
Pendekatan yang digunakan untuk membuat keputusan alokasi dana (Weibacher dalam Simon, 1990)
- Arbitrary Methods, pengalokasikan dana bergantung pada apa yang diputuskan oleh pimpinan organisasi.
- Rule- of Thumb Methods, membagi pembahasan pada tiga term yang saling berhubungan, yaitu presentasi pendapatan organisasi, pengeluaran yang ditetapkan untuk setiap unit, metode pelaksanaan tugas agar hasil yang diperoleh sesuai dengan dana yang dikeluarkan.
- Market experience Methods, dana dialokasikan dengan mensistematiskan umpan baik dari aktivitas kampanye yang diperoleh dengan cara proyeksi dan pengujian pasar.
- Theoritical Methods, memasukan model statistic yang dibuat berdasarkan data yang diperoleh melalui pengalaman sebenarnya.
C. Kategori Pengalokasian Dana (Simmons, 1990)
- Personal inti, (administrator, staff,)
- Temporary employees
- Tenaga kontak
- Tunjangan tambahan
- Jasa produksi,
- Jasa pemeliharan
- Materi daur ulang,
- Benda - benda modal (capital)
- Biaya media
- Biaya distribusi (traffic cost)
- Biaya transportasi
- Biaya komunikasi
- Sewa tempat
- Entertainment
- Biaya tak terduga (contingency reserve)
D. Strategi Mengumpulkan dan Kampanye
Motivasi yang dimiliki para contributor dalam memberikan bantuan
- Hubungan secara personal antara kontributor dan tokoh atau public figure kampanye
- Ketertarikan kontributor karena sependapat serta mendukung kebijakan atau isu dalam program kampanye
- Penghargaan kontributor terhadap apa yang telah dilakukan tokoh atau lembaga
- Diminta oleh pihak lain diluar tim kampanye
Selain motivasi diatas, masih ada motivasi lainnya tapi khusus untuk politik :
- Harapan untuk dapat memiliki hubungan dengan tokoh atau kandidat yang diduga akan memenangi pemilihan.
- Rasa takut akibat dampak yang terjadi bila lawan menang
E. Alasan Yang Membuat Tidak Memberikan Bantuan
- Merasa tidak diminta
- Tidak mengetahui jumlah yang perlu dibantu
- Tidak mengetahui cara memberikan bantuan
- Besarnya dana yang diperlukan
- Waktu diperlukannya dana
- Pihak - pihak yang berpotensi menjadi kontributor
- Taktik pengumpulan dana
E. Taktik Yang Dipergunakan Untuk Memperoleh Dana
- Personal Solicitation ( one to one solicitation ), adalah taktik pengumpulan dana secara langsung oleh tokoh atau lembaga yang melaksanakan kampanye kepada contributor. Cara ini adalah yang paling termurah karena tidak diperlukan media, Taktik yang paling efektif, karena umpan balik dari contributor langsung diterima, Taktik ini membuat contributor secara personal merasa dihargai dan dibutuhkan serta dapat menjadi motivasi baginya untuk membantu
- Group Solicitation, dilakukan pada kelompok atau organisasi. Biasanya kelompok atau organisasi ini memberikan dana akan disebutkan pada berbagai kegiatan atu siaran kampanye (sponsorship). Cara yang digunakan adalah membuat daftar nama organisasi kemudian mencari contact person dan dilanjutkan dengan membuat janji pertemuan untuk menjabarkan keuntungan bagi organisasi tersebut jika memberikan bantuan.
- Direct Mail, permintaan dana melalui perantara pos untuk organisasi yang dibuat bervariasi sesuai karakteristik dan pesan sesuai dengan organisasi yang dituju
- Event, salah satu contohnya adalah konser musik, pagelaran atau pesta kebun yang dapat dijadikan sarana yang baik untuk membuat contributor memiliki ikatan untuk memberi bantuan
- Telemarketing, memiliki fungsi utama untuk meyakinkan contributor agar berpartisipasi dana dan memanggil kembali contributor yang sebelumnya pernah memberikan bantuan
- Permintaan Dari Rumah ke Rumah, dengan cara mengunjungi rumah contributor satu persatu untuk meminta bantuan dana
- Friends of Friends, pengumpulan dana berantai dari satu orang kepada teman - temannya dan melakukan kontribusi
- Penjualan Souvenir Kampanye, untuk mendatangkan data desain logo tersebut menjadi sesuatu yang menarik
Tips
- Melakukan staffing atau pembagian tugas
- Menyebutkan secara jelas jumlah dana yang dibutuhkan kepada contributor
- Terkoordinasi
- Ketahui sebanyak mungkin mengenai contributor
- Jelaskan alokasi dana
- Bekerja dengan deadline
- Selalu ucapkan terima kasih
G. Realisasi Unsur - Unsur Pokok Kampanye
- Perekrutan dan pelatihan personil kampanye, penentuan personel yang harus memiliki komitmen dan beberapa keterampilan khusus
- Mengkonstruksi pesan, desain pesan yang harus sejalan dengan karakteristik khalayak sasaran yang didasarkan pada kesederhanaan, kejelasan, kedekatan dengan situasi khalayak, konsistensi, dan kesopanan
- Menyeleksi penyampaian pesan, pada dasarnya bersifat komersial dilakukan oleh public figure
- Menyeleksi saluran kampanye, diikuti oleh beberapa faktor seperti jangkauan media, tipe dan ukuran besarnya khalayak, tujuan serta objek
- Menguji coba kampanye, untuk mengetahui pesan yang disampaikan apakah sesuai hasilnya dengan yang diharapkan atau tidak
- Tindakan kampanye dan monitoring pelaksanaan, dengan beberapa sifat antara lain adaptif, antisipatif orientasi pemecahan masalah, integratif atau koordinatif
- Metode yang digunakan untuk kegiatan pemantauan, antara lain memperoleh timbal balik, dan pembuatan progress report
- Laporan kemajuan, termuat berbagai data tentang berbagai hal yang telah dilakukan selama masa kampanye yang bisa disebut evaluasi kecil yang bersifat rutin terhadap progress kerja
Sekian untuk pembahasan Persiapan Anggaran dan Pelaksanaan Kampanye kali ini, semoga dapat bermanfaat dan sampai ketemu di pembahasan selanjutnyaa... terimakasiih
Komentar
Posting Komentar