Pesan Kampanye

Hallo teman - teman semua... Gimana nih kabarnya? semoga dalam keadaan sehat yaa.. Sebelumnya saya telah membahas terkait kampanye, dan untuk blog kali ini saya akan membahas tentang pesan kampanye. 

Kampanye sendiri selalu bermula dari gagasan. Suatu gagasan pada akhirnya akan dikonstruksi dalam bentuk pesan - pesan yang disampaikan kepada khalayak. Pesan - pesan tersebut pada akhirnya yang akan di persepsi, ditanggapi, diterima atau ditolak oleh khalayak. 

Contoh Pesan Kampanye : 


Kantong plastik semakin menjadi sorotan saat ini. Sorotan ini dikarenakan kantong plastik menyebabkan kotornya lingkungan, tersumbatnya selokan dan badan air yang dapat mengakibatkan banjir, termakan oleh hewan dan rusaknya ekosistem di sungai dan di laut serta menjadi penyebab banyaknya permasalahan kesehatan manusia. Menurut penelitian Divers Clean Action, pemakaian sedotan plastik di Indonesia setiap harinya mencapai 93,2 juta batang. Indonesia juga salah satu yang berkontribusi besar dalam sampah plastik dunia, yaitu sebesar 10%. Oleh karena itu, kampanye #BumiBersih merupakan hal yang penting untuk mengurangi sampah di lautan Indonesia dan dunia.

Jika ditelisik, mengapa hal tersebut terjadi, maka persoalan ini tentu mengarah pada perilaku manusia yang tidak bijak dalam menggunakan kantong plastik. Kantong plastik hanya menjadi barang sekali pakai kemudian dibuang dan pada akhirnya di sinilah bencana datang. Kantong plastik menumpuk dan menjadi sampah. Begitulah siklus penggunaan kantong plastik terus - menerus yang menjadi malapetaka kehidupan manusia. 

Maka dari itu, dengan adanya poster kampanye tersebut menggunakan pesan persuasi yaitu aspek teoritis yang berarti memberikan landasan ilmiah, ditandai dengan data penelitian "Divers Clean Action" dan juga aspek seni, yang memberikan estetika dan kreatif pada pesan seperti penataan, pewarnaan, pemilihan jenis huruf, hingga visualisasi sehingga pesan enak dipandang. Ditambah dengan menggunakan teori retorika aristoteles yaitu, penerapan aspek logos yang berarti menambahkan pemikiran yang logis. Model Pararrel Yang diperluas adalah Perceived severity yaitu, Kepercayaan subjektif individu bahwa dalam menyebarnya suatu kondisi diakibatkan oleh perilaku yang tidak baik, hal itu dibuktikan dengan akibat jika terus menggunakan plastik dalam kehidupan sehari - hari. 

Sekian untuk pembahasan pesan kampanye kali ini, semoga dapat bermanfaat dan sampai ketemu di pembahasan selanjutnyaa... terimakasiih 

Komentar

Postingan Populer